wisata karst Rammang-rammang

"Rammang Rammang adalah sebuah desa di Maros dikenal sebagai desa Karst. Pegunungan Karst Rammang Rammang adalah terbesar ke-2 di dunia. Akses menuju kesana kita bisa naik angkot jurusan pangkep kemudian turun di pertigaan arah jalan masuk semen bosowa, dari pertigaan sekitar 200 meter kita akan menemukan jembatan. Samping kiri jembatan ada dermaga dari sana kita akan naik perahu menyusuri sungai pute. Pemandangan disana sangat menakjubkan dengan pegunungan karst dan  melewati sungai dalam goa. Lama perjalanan normal dari makassar sekitar 1 jam."

Dengan menyewa perahu Rp.350.000 kita menelusuri sungai pute. Sungai yang menghubungkan laut dan daerah perbukitan karst itu mengalir tenang. Di sepanjang sisi sungai, pohon bakau dan nipah tumbuh subur menjelma hutan. Akarnya melingkar-lingkar dan menghunjam kuat ke dalam tanah. Satu-dua nelayan terlihat menebar jaring di sana, mencari ikan, udang, dan kepiting sungai yang gurih dagingnya.
Semakin bergerak ke hulu, suasana yang ditawarkan semakin asing. Air sungai nyaris tidakbergerak, terpaku oleh bongkahan-bongkahan batu karst yang menyeruak dari dasar sungai. Kamaruddin mematikan mesin agar perahu tak menerjang bongkahan karst yang tajam dan sebagian bersembunyi di bawah air.
 sungai pute

Sungai Pute

isPerahu motor yang kami sewa menelusuri sungai pute hampir 1 jam sebelum sampai di dermaga desa. Perjalanan menuju desa sangat mengagumkan. Seolah-olah kami dikurung di dalam rawa dan tebing-tebing karst menjulang tinggi dengan sinar matahari yang terang. Saya semakin takjub kala perahu menepi dan kami turun menyentuh daratan. Inilah desa Rammang-rammang. Suasana begitu sunyi, hening, dan tentu: damai. Hanya segelintir rumah panggung dan dihuni beberapa keluarga. Sawah terhampar luas, sedang mengering menunggu musim penghujan datang. Kolam ikan yang sudah habis di panen, sapi sapi berkeliaran disawah yang mengering.Tampak dihujung perkampungan segerombolan monyet sedang mencari makan.

kolam ikan yang sudah selesai dipanen